Good Luck Have Fun

Wednesday 20 January 2016

Rencana Bisni dan Kerangka Acuan Kerja



Rencana Bisnis : Jasa Pembuatan Website Real Time menggunakan Smartphone.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang di masyarakat. Umumnya Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur gunak menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional.
Kemudahan dan kecepatan memperoleh, serta menyebarkan informasi bukan hanya berlangsung dalam dunia ilmu melainkan juga dalam segi – segi lain dari kehidupan. Berita gempa yang terjadi di suatu tempat di dunia dapat tersebar ke seluruh dunia hanya beberapa menit setelah peristiwa yang bersangkutan itu terjadi. Demikian juga berita tentang peran, pembunuhan, perundingan, penolakkan visa, perbandingan nilai mata uang, dan sebagainya. Lembaga internasional yang menyajikan informasi yang bukan bersifat keilmuan juga ada, misalnya The World Trade Centre yang menyajikan data dalam bidang perdagangan.
Kini suatu revolusi yang mempengaruhi berbagai kegiatan manusia sedang berlangsung. Revolusi ini berkenaan dengan berita dan pesan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Cirri revolusi ini adalah kemudahan, kecepatan dan ketepatan untuk memperoleh serta menyebarkan berita dan pesan serta menyusun, menciptakan dan menggunakan berita dan pesan untuk berbagai macam kepentingan termasuk untuk mempengaruhi keadaan.
Ada perubahan berkenaan dengan berita dan pesan sebagai revolusi informasi. Ada yang menyebutnya Revolusi Teknologi Informasi, ada pula yang menyebutnya Revolusi Teknologi Komunikasi, mereka yang lebih tertarik pada teknologi dari pada informasinya pada umumnya telah menyukai istilah Revolusi Teknologi Komunikasi, tetapi teknologi komunikasi dapat mengandung dua dua pengertian.
Pertama, pengertian yang menunjuk kepada hal – hal seperti telepon, telegram telex, faximile, dan sebagainya, dengan lain perkataan menunjuk kepada alat – alat pemindah berita. Kedua, pengertian yang menunjuk kepada hal–hal seperti mobil, pesawat terbang, kereta api, dan sebagainya, dengan lain perkataan menunjuk kepada alat–alat pemindah manusia atau barang, bukan pemindah berita.Karena teknologi komunikasi dapat mengandung dua pengertian semacam itu, maka mereka yang perhatiannya memusat kapada teknologi yang berkenaan dengan pemindahan berita, pada umumnya lebih menyukai istilah revolusi informasi, sedangkan mereka yang tertarik pada teknologi pemindahan pada umumnya, baik yang dipindahkan itu adalah manusia ataupun barang, atau berita akan lebih menyukai istilah teknologi komunikasi.
Kedua pengertian tersebut tidak terpisah sama sekali antara satu dengan lainnya. Antara keduanya terdapat tumpang tindih walaupun keduanya berbeda. Pesawat terbang misalnya, dapat berfungsi sebagai alat untuk memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain dan dapat pula berfungsi sebagai alat untuk memindahkan berita dari satu tempat ke tempat lain (menggunakan pesawat terbang untuk mengirimkan surat kabar). Nampaklah letak perbedaan adalah sudut pandang.
Disini saya akan membuat sebuah rencana bisnis freelance website realtime dengan gambaran seperti :
Perangkat
1.   PC
2.   Smartphone
3.   Software / Tools pendukung
4.   Server ( Hosting dan Domain )
5.   Database
6.   Ethernet
Modal dan Keuntungan
1.   Pc = 10.000.000
2.   Smartphone = 2.000.000
3.   Software dan Tools Pendukung = 10.000.000
4.   Server dan Database = Sewa Pertahun 12.000.000
5.   Ethernet = 110.000/bulan
Keuntungan yang di capai dari rencana bisnis ini tergantung dari pemesanan dan tingkat kesulitan karna website realtime harus selalu terupdate dan security yang sangat kuat dan tidak hanya dapat mengupdate melalui pc melainkan juga dapat mengupdate melalui smartphone si pemilik website ataupun administrator.
Kerangka Acuan Kerja (KAK)


Komentar:
Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat mempengaruhi dunia dan  berdampak maupun berperan di segala bidang sehingga dengan mudah mendapatkan data dan informasi secara realtime, ibarat kata tanpa TIK Negara tidak akan mengetahui perkembangan dari negara lain sehingga dapat dia dapat kesimpulan tanpa TIK dunia serasa lumpuh.
Dalam segi pembangunan rencana bisnis tidak harus memiliki modal yang kuat melainkan dengan mempunyai skill yang di dapat dari kehidupan di masa perkuliahan sudah dapat untuk menjadi modal utama untuk membuka rencana bisnis setidaknya keberanian yang dapat mendasari itu semua sehingga dapat membuka secara freelance. Dan selalu percaya bahwa setiap usaha tidak akan membohongi hasil.
 

Referensi : 
https://dianidah.wordpress.com/2012/06/07/makalah-tik-dalam-bidang-pendidikan/ 

Sudrajat, Sugito, “Sistem Informasi Manajemen”, Semarang. 1998. Tung, Khoe

Yao Tung Khoe, “Pemasaran dan Bisnis di Internet“, Jakarta. 1996. Gramedia

No comments:

Post a Comment