BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam
pembangunan. Oleh karena itu dalam melaksanakan pembangunan suatu wilayah atau
negara perlu diketahui keadaan sumber daya manusia yang ada di wilayah
tersebut. Semakin lengkap dan tepat data mengenai sumber daya manusia yang
tersedia, semakin mudah dan tepat pula perencanaan pembangunan yang di buat.
Sumberdaya manusia merupakan faktor dan sumber yang
sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi di
buat berdasarkan berbagai visi dan misi untuk kepentingan manusia yang ingin di
gapai.
Organisasi pada dasarnya merupakan kerjasama antara
individu dengan individu lainnya untuk mencapai arah dan tujuan. Menurut
Sutarto (2009:146) organisasi adalah kumpulan orang, proses pembagian kerja,
dan sistem kerja sama atau sistem sosial. Definisi yang di kemukakan Sutarto
menekankan pada tiga hal yaitu (1) adanya kumpulan orang, (2) ada proses
pembagian kerja antar individu, dan (3) ada sistem kerjasama atau sosial di
antara individu. Organisasi di perlukan guna menjamin manajemen yang efektif.
Individu tidak akan memamahami pekerjaan mereka, apa yang mereka lakukan,
bagaimana mereka bekerja jika tidak adanya organisasi. Maka supaya hal yang
tidak logik ini tidak terjadi setiap proses dari pembuatan bagan organisasi
harus saling terhubung yang dis ebut dengan struktur organisasi.
Struktur organisasi merupakan alat untuk membantu manajemen
dalam mencapai tujuannya. Struktur tersebut dapat mempengaruhi pada pekerjaan
dan setiap individunya sehingga menjelaskan bagaimana tugas kerja akan di bagi,
di kelompokkan dan di kordinasikan secara formal.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa itu Struktur Organisasi ?
2. Jelaskan macam-macam Struktur Organisasi !
3. Bagaimana Struktur Organisasi yang di gunakan Einheit
Development !
C.
Tujuan
Agar mengetahui bagaimana struktur organisasi kerja yang
di terapkan pada Einheit development dalam pengembangan sistem kerjanya di
bagian divisi serta mengetahui macam macam struktur organiasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Struktur
Organisasi
Struktur adalah sekumpulan variable yang masing masing
dapat berbeda type dan di kelompokkan ke dalam satu nama (menurut Pascal).
Struktur membantu mengatur data data yang rumit, khususnya dalam program yang
besar, karena struktur membiarkan sekelompok variabel diperlakukan sebagai unit
dai pada sebagai entity yang terpisah.
Organisasi adalah sebuah perkumpulan atau wadah bagi
sekolpok untuk bekerja sama, terkendali untuk tujuan tertentu. Organisasi
memerlukan sumber daya misalnya lingkungan, metode, dan beberapa sumber daya
lainnya dalam rangka mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
Struktur Organisasi adalah suatu susunan anatar hubungan
dan setiap posisi yang ada dalam organisasi tersebut ataupun perusahaan
tersebut untuk menjalankan kegiatan operasional agar mencapai tujuan tertentu.
2.1.2 Macam- macam
Struktur Organisasi
1. Organisasi Lini
Struktur
organisasi lini adalah sutu bentuk organisasai di mana pelimpahan wewenang
langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya.
Bentuk lini juga di sebut bentuk lurus.
2. Organisasi Lini dan Staff
Organisasi
Lini dan staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan fungsional. Pelimpahan
wewenang dalam organisasi ini berlangsung vertikal dari seorang atasan pimpinan
sehingga pimpinan bawahannya. Tugas para staf di sini adalah untuk membantu,
memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan
kepada pimpinan.
3. Organisasi dalam bentuk Fungsional
Organisasi
fungsional di ciptakan oleh F.W.Taylor. dimana kekuasaan pimpinan di limpahkan
kepada pejabat yang memimpin satuan dibawahnya dalam satuan bidang pekerjaan
tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pemimpin yang tidak memiliki
bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada
setiap bawahan.
4.Organsisasi Lini dan Fungsional
Organisasi
Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing masing anggiya mempunyai
wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. Organisasi komite lebih
mengutamakan pimpinan.
2.1.3 Struktur
Organisasi yang ada di Einheit Development
Struktur Organisasi yang di gunakan di Einheit Development ialah Organisasi
Lini dan Staf. Pimpinan Organisasi mengangkat seorang staf untuk membantu
pelaksanaan kerja.
Struktur Organisasi Einheit Development
Tugas dan Wewenang
a. Project Manager
Project manager bertanggung jawab atas pengolahan jasa
melalui optimalisasi sumber daya secara efisien, efektif dan bersinergi.
Meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap user agar mencapai tujuan.
b. Project Leader
Project Leader bertanggung jawab atas sistem itu
terbentuk dalam pengolahan sumber daya dan melakukan finishing dalam pembuatan
jasa.
c. Web Desain
Web Desain bertanggung jawab dalam perancangan dan
pemodelan prototype pada website dalam bentuk tool, tampilan, grafis, animasi,
multimedia dan sebagai lainnya.
d. Web Programing
Web Programing bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
dalam pengkodean program yang sudah di susun oleh web desain.
e. Ahli Sistem Database
Ahli Sistem Database bertanggung jawab dalam perancangan
database yang di perlukan dalam project yang di lengkapi dengan struktur dan
atribut dari tabel yang di butuhkan.
f. Analisis Sistem
Analisis Sistem bertanggung jawab dalam mencari
kekurangan sistem dan mencari bug yang terdapat dalam sistem ataupun
kekukarangan dari sistem tersebut.
g. Pelatihan Administrator
Pelatihan Administrator bertanggung jawab dalam
memberikan penyampaian dalam penggunaan sistem terhadap admin dari pengelola
website tersebut.
Sistem Penggajian
Sistem penggajian pada Einheit Development di katakan
sama rata sehingga dalam penggajian tidak ada kerugian dari masing-masing
bagian organisasi di karenakan keuangan terlihat transparan. Sehingga dalam
struktur ini tidak ada rasa kecemburuan antar divisi ataupun bidang yang ada di
organisasi tersebut.
BAB III
KESIMPULAN
Kesimpulan
Setiap organisasi dalam perusahaan struktur dan sumber
daya manusia berperan penuh dalam jalur menjalankan sistem tersebut untuk
mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.
Saran
Untuk mencapai tujuan dan bersinergi antar individu di
butuhkannya sebuah struktur organisasi untuk mengetahui tata cara etika kerja.
Komentar:
Dalam suatu perusahaan kecil, menengah ataupun besar,
berupa jasa ataupun barang struktur organisasi sangat di butuhkan karna berguna
untuk menjalankan satu pemikiran antar individu dan tata etika kerja yang lebih
tertata sehingga tujuan ataupun goal dapat di gapai dengan seksama berjalan
dengan semestinya.
Selain itu, sumber daya manusia yang berintekletual dan
berfikiran cerdas mendasarkan berjalannya struktur tersebut dengan tertata di
mana sifat leadership lebih di optimalkan sehingga antar satu individu dapat
menghargai orang lain dan dapat mengetahui tugas- tugas yang di pikul
Einheit Development memiliki sistem dan struktur dalam
pengerjaannya yang saling terhubung di masing-masing divisi sehingga tidak
terjadinya kerangkapan kerja yang dapat memecah konsentrasi dalam arti sudah di
sediakan dalam masing masing bidangnya, dan sistem penggajian yang sama rata
menjadikan masing-masing divisi tidak ada kecemburuan karna keuangan bersifat
transparan.
No comments:
Post a Comment