Good Luck Have Fun

Saturday 14 November 2015

Makalah Sumber Daya Manusia dan Organisasi

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam pembangunan. Oleh karena itu dalam melaksanakan pembangunan suatu wilayah atau negara perlu diketahui keadaan sumber daya manusia yang ada di wilayah tersebut. Semakin lengkap dan tepat data mengenai sumber daya manusia yang tersedia, semakin mudah dan tepat pula perencanaan pembangunan yang di buat.
Sumberdaya manusia merupakan faktor dan sumber yang sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi di buat berdasarkan berbagai visi dan misi untuk kepentingan manusia yang ingin di gapai.
Organisasi pada dasarnya merupakan kerjasama antara individu dengan individu lainnya untuk mencapai arah dan tujuan. Menurut Sutarto (2009:146) organisasi adalah kumpulan orang, proses pembagian kerja, dan sistem kerja sama atau sistem sosial. Definisi yang di kemukakan Sutarto menekankan pada tiga hal yaitu (1) adanya kumpulan orang, (2) ada proses pembagian kerja antar individu, dan (3) ada sistem kerjasama atau sosial di antara individu. Organisasi di perlukan guna menjamin manajemen yang efektif. Individu tidak akan memamahami pekerjaan mereka, apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka bekerja jika tidak adanya organisasi. Maka supaya hal yang tidak logik ini tidak terjadi setiap proses dari pembuatan bagan organisasi harus saling terhubung yang dis ebut dengan struktur organisasi.
Struktur organisasi merupakan alat untuk membantu manajemen dalam mencapai tujuannya. Struktur tersebut dapat mempengaruhi pada pekerjaan dan setiap individunya sehingga menjelaskan bagaimana tugas kerja akan di bagi, di kelompokkan dan di kordinasikan secara formal.


B.   Rumusan Masalah
1.    Apa itu Struktur Organisasi ?
2.    Jelaskan macam-macam Struktur Organisasi !
3.    Bagaimana Struktur Organisasi yang di gunakan Einheit Development !

C.   Tujuan
Agar mengetahui bagaimana struktur organisasi kerja yang di terapkan pada Einheit development dalam pengembangan sistem kerjanya di bagian divisi serta mengetahui macam macam struktur organiasi.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Struktur Organisasi
Struktur adalah sekumpulan variable yang masing masing dapat berbeda type dan di kelompokkan ke dalam satu nama (menurut Pascal). Struktur membantu mengatur data data yang rumit, khususnya dalam program yang besar, karena struktur membiarkan sekelompok variabel diperlakukan sebagai unit dai pada sebagai entity yang terpisah.
Organisasi adalah sebuah perkumpulan atau wadah bagi sekolpok untuk bekerja sama, terkendali untuk tujuan tertentu. Organisasi memerlukan sumber daya misalnya lingkungan, metode, dan beberapa sumber daya lainnya dalam rangka mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
Struktur Organisasi adalah suatu susunan anatar hubungan dan setiap posisi yang ada dalam organisasi tersebut ataupun perusahaan tersebut untuk menjalankan kegiatan operasional agar mencapai tujuan tertentu.
2.1.2 Macam- macam Struktur Organisasi
1. Organisasi Lini
          Struktur organisasi lini adalah sutu bentuk organisasai di mana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Bentuk lini juga di sebut bentuk lurus.
2. Organisasi Lini dan Staff
          Organisasi Lini dan staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung vertikal dari seorang atasan pimpinan sehingga pimpinan bawahannya. Tugas para staf di sini adalah untuk membantu, memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan.
3. Organisasi dalam bentuk Fungsional
          Organisasi fungsional di ciptakan oleh F.W.Taylor. dimana kekuasaan pimpinan di limpahkan kepada pejabat yang memimpin satuan dibawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pemimpin yang tidak memiliki bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan.
4.Organsisasi Lini dan Fungsional
          Organisasi Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing masing anggiya mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. Organisasi komite lebih mengutamakan pimpinan.
2.1.3 Struktur Organisasi yang ada di Einheit Development
          Struktur Organisasi yang di gunakan di Einheit Development ialah Organisasi Lini dan Staf. Pimpinan Organisasi mengangkat seorang staf untuk membantu pelaksanaan kerja.

Struktur Organisasi Einheit Development

Tugas dan Wewenang
a.    Project Manager
Project manager bertanggung jawab atas pengolahan jasa melalui optimalisasi sumber daya secara efisien, efektif dan bersinergi. Meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap user agar mencapai tujuan.
b.    Project Leader
Project Leader bertanggung jawab atas sistem itu terbentuk dalam pengolahan sumber daya dan melakukan finishing dalam pembuatan jasa.
c.    Web Desain
Web Desain bertanggung jawab dalam perancangan dan pemodelan prototype pada website dalam bentuk tool, tampilan, grafis, animasi, multimedia dan sebagai lainnya.
d.    Web Programing
Web Programing bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dalam pengkodean program yang sudah di susun oleh web desain.
e.    Ahli Sistem Database
Ahli Sistem Database bertanggung jawab dalam perancangan database yang di perlukan dalam project yang di lengkapi dengan struktur dan atribut dari tabel yang di butuhkan.
f.     Analisis Sistem
Analisis Sistem bertanggung jawab dalam mencari kekurangan sistem dan mencari bug yang terdapat dalam sistem ataupun kekukarangan dari sistem tersebut.
g.    Pelatihan Administrator
Pelatihan Administrator bertanggung jawab dalam memberikan penyampaian dalam penggunaan sistem terhadap admin dari pengelola website tersebut.
Sistem Penggajian
Sistem penggajian pada Einheit Development di katakan sama rata sehingga dalam penggajian tidak ada kerugian dari masing-masing bagian organisasi di karenakan keuangan terlihat transparan. Sehingga dalam struktur ini tidak ada rasa kecemburuan antar divisi ataupun bidang yang ada di organisasi tersebut.
  
BAB III
KESIMPULAN
Kesimpulan
Setiap organisasi dalam perusahaan struktur dan sumber daya manusia berperan penuh dalam jalur menjalankan sistem tersebut untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.
Saran
Untuk mencapai tujuan dan bersinergi antar individu di butuhkannya sebuah struktur organisasi untuk mengetahui tata cara etika kerja.
Komentar:
Dalam suatu perusahaan kecil, menengah ataupun besar, berupa jasa ataupun barang struktur organisasi sangat di butuhkan karna berguna untuk menjalankan satu pemikiran antar individu dan tata etika kerja yang lebih tertata sehingga tujuan ataupun goal dapat di gapai dengan seksama berjalan dengan semestinya.
Selain itu, sumber daya manusia yang berintekletual dan berfikiran cerdas mendasarkan berjalannya struktur tersebut dengan tertata di mana sifat leadership lebih di optimalkan sehingga antar satu individu dapat menghargai orang lain dan dapat mengetahui tugas- tugas yang di pikul
Einheit Development memiliki sistem dan struktur dalam pengerjaannya yang saling terhubung di masing-masing divisi sehingga tidak terjadinya kerangkapan kerja yang dapat memecah konsentrasi dalam arti sudah di sediakan dalam masing masing bidangnya, dan sistem penggajian yang sama rata menjadikan masing-masing divisi tidak ada kecemburuan karna keuangan bersifat transparan.

No comments:

Post a Comment