Good Luck Have Fun

Thursday 23 April 2015

Visual Data Manager

Langkah langkahnya:

Komponen : Command Botton, Label, Text Box, Adodc dan Data Grid, 3 Form

1. Buka Aplikasi VB lalu pilih menu Add-In ->Visual Data Manager maka tampilannya kan seperti ini:


2. Pilih File -> New. . -> Microsoft Acces - > Version 7.0 MDB lalu save database dengan nama (Kelas) lalu pada jendela kanan pada properties -> New Table -> Buat nama table lalu add field NPM, Nama, Kelas dan IPK seperti contoh di bawah ini.




3. Form Utama di Bentuk.

4. Form Input 



Untuk mengkoneksiin ke database yang telah di buat di tambahkan komponen adodc dan data grid caranya ctrl + t lalu cari microsoft ado data control dan data grid.


Tambahkan Adodc kedalam form lalu klik kanan ->  adodc properties -> Build  pilih microsoft jet4.0 OLE DB Provider -> Next dan pilih database tadinya ->  Test Connection dan tampilan akan seperti di bawah ini 






 Selanjutnya kita memilih table yang akan di hubungkan dengan memilih reocrd Source  dan pilih adcmd table lalu polih table nya lalu ok.

 Selanjutnya pada text box1 properties di cari data source dan pilih data fieldnya NPM begitu juga dengan text box lainnya.
5. Form Lihat data
Pilih menu data grid, adodc, command button lalu design tampilan seperti ini

Lalu hubungin adodc seperti pada form input sampai dengan pemilihan table, lalau pada data grid di cari properties data source dan pilih adodc1

Untuk kodingannya 


Klik di sini untuk Contoh Softwarenya



No comments:

Post a Comment