Good Luck Have Fun

Tuesday 20 October 2015

Begitu Sulitkah Rasa Sikap Menghargai Orang Lain



      Bagi saya sikap menghargai orang lain merupakan sikap ataupun norma yang tidak ada toleransinya di karenakan kualitas hidup seseorang mencangkup bagaimana dirinya dapat menghargai orang lain. Selain itu agar saya dapat di hargai tentunya saya harus dapat juga menghargai orang lain sehingga saya ataupun mereka medapatkan feedback dari apa yang telah di lakukan. Saya menghargai orang lain bukan hanya karena dia siapa, usia dia atau bahkan kedudukannya, melainkan bagaimana saya dapat menempatkan posisi saya sebagai mereka dan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat bediri sendiri sehingga tanpa orang lain yang di sekitar saya, saya bukan apa-apa.
            Sebagai makhluk sosial rasa saling menghargai sangat penting, karna dengan adanya rasa tesebut satu dengan lainnya dapat saling membantu dan tidak merasakan bahwa ia hidup di dunia ini sendirian. Rasa saling menghargai cukup luas bisa menghargai pendapat atau bahkan bisa saling menghargai antar umat beragama tergantung dari penempatan kasus yang tejadi pada lingkungan.
            Menghargai orang lain bagi saya atau kalangan banyak bukan merupakan hal yang mudah melainkan sikap ini merupakan tantangan bagaimana seseorang dapat menahan rasa ego yang ia miliki, karena secara logika, individu satu dengan individu lainnya berbeda beda dan tidak bersinergi, maka dari itu pentingnya sikap menghargai orang lain merupakan sikap yang dapat menilai norma kualitas hidup seseorang tersebut.
            Dalam pengalaman saya pribadi banyak hal yang sudah saya pelajari dari sikap menghargai orang lain di lingkungan keluarga, lingkungan kelas bahkan lingkungan masyarakat. Salah satunya di lingkungan kelas dimana bila ada salah satu teman memberikan solusi atau usulan berpergian saya dapat menampung masukan ataupun  pendapat mereka yang nantinya akan di jadikan bahan diskusi untuk di rundingkan di dalam forum sehingga pemikiran antar anggota kelas satu dengan lainnya dapat bersinergi dan dapat di satukan. Kasus yang sering muncul di kelas ialah kurangnya menghargai teman yang bertanya, memang telihat mudah dalam kasus ini namun bila tidak adanya respon ataupun feedback dari anggota forum kelas terkadang menjadikan celah untuk merusak  antar hubungan individu tersebut yang dapat mengakibatkan pertikaian, dan kasus seperti ini hampir sering saya dapatkan di media sosial kelas.
            Kasus di atas mungkin sebagian orang terlihat seperti biasa-biasa saja namun bagi seseorang yang memiliki nilai pendidikan ataupun nilai sikap melihat kasus tersebut akan begitu perihatin di karenakan hal yang dapat di katakan mudah dapat mengakibatkan ataupun dapat berdampak yang besar karena tidak adanya ataupun tidak memilikinya sikap saling menghargai antar sesama, maka dari itu untuk dapat memiliki sifat menghargai antar sesama tepatkan posisi diri sendiri pada orang tersebut,sehingga kita akan merasakan apa yang ia rasakan ketika tidak di hargai, karna bila ingin diri sendiri di hargai maka hargai orang lain terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment