Good Luck Have Fun

Sunday 14 June 2015

Game Engine

Game Engine
 
            Game engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game. banyak media yang di gunakan untuk pembuatan game engine antara lain notepad, visual basic,unreal engine dan lainnya. bahasa pemrogramannya juga sama halnya di antaranya c, java, basic dll.
Di dalam game engine, terdapat fungsi-fungsi atau modul-modul, antara lain :
·         Rendering engine
·         Physical engine (collision detection)
·         Sound script
·         Animation
·         Artificial intelegenct
·         Network
·         Streaming
·         Memory management
·         Scene graph

Adapun element element untuk game engine ialah:

a. Tools/Data
            Merupakan bagian fixture untukmembuat text menjadi 3d sehingga user dapat dengan mudah mengakses dalam menjalankan gametersebut.

b. System
            System merupakan komunikasi antara sofware yang di gunakan dengan bahasa pemograman, tidak hanya itu saja system di sini juga harus di pengaruhi oleh hardware yang di gunakan untuk menunjang dalam permainan.

c. Console
            Console di gunakan untuk penyetingan pada game tersebut. Console sendiri lebih sering digunakan dalam proses debugging sehingga mempermudah ketika game tersebut terjadi error.

d. Support
            Support adalah bagian yang paling sering digunakan oleh system di dalam game engine. Support sendiri berisi rumus-rumus matematika yang biasa digunakan, vector, matrix, memory manager, file loader.
e. Renderer/Engine Core
            Pada game engine, engine core / renderer terdiri dari beberapa sub yaitu visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan Output.
f. Game Interface
            Game interface sendiri merupakan layer diantara game engine dan game itu sendiri. Berfungsi sebagai control yang bertujuan untuk memberikan interface apabila di dalam game engine tersebut terdapat fungsi fungsi yang bersifat dinamis sehingga memudahkan untuk mengembangkan game tersebut.
g. The Game
            Merupakan inti dari penggunaan game engine sendiri, sehingga terserah kita bagaimana mengembangkan game tersebut.

No comments:

Post a Comment