Good Luck Have Fun

Tuesday 10 May 2016

Parallel Computation 2

Pengantar Thread Programming
Dalam ilmu komputer , sebuah thread eksekusi adalah urutan terkecil instruksi diprogram yang dapat dikelola secara mandiri olehscheduler , yang biasanya bagian dari sistem operasi . Pelaksanaan benang dan proses berbeda antara sistem operasi, tetapi dalam kebanyakan kasus benang adalah komponen dari sebuah proses. Beberapa thread dapat eksis dalam sumber yang sama proses dan berbagi seperti memori , sedangkan proses yang berbeda tidak berbagi sumber daya tersebut. Secara khusus, benang dari sebuah proses berbagi instruksi (code executable) dan konteksnya (nilai-nilai variabel yang pada saat tertentu).
Pada prosesor tunggal, multithreading umumnya dilaksanakan oleh waktu mengiris (seperti dalam multitasking ), dan unit pengolahan pusat (CPU) beralih antara benang perangkat lunak yang berbeda. Ini konteks switching umumnya terjadi cukup sering bahwa pengguna merasakan benang atau tugas sebagai berjalan pada waktu yang sama. Pada multiprosesor atau multi-core sistem, benang dapat dijalankan secara bersamaan benar, dengan setiap prosesor atau inti mengeksekusi thread terpisah secara bersamaan; pada prosesor atau inti dengan benang hardware , software benang terpisah juga dapat dijalankan secara bersamaan oleh benang hardware terpisah.
Pengantar Massage Paising, Open MP (Multi Processing)
Massage Passing adalah suatu teknik bagaimana mengatur suatu alur komunikasi messaging terhadap proses pada system. Message passing dalam ilmu komputer adalah suatu bentuk komunikasi yang digunakan dalam komputasi paralel , pemrograman-berorientasi objek , dan komunikasi interprocess . Dalam model ini, proses atau benda dapat mengirim dan menerima pesan yang terdiri dari nol atau lebih byte, struktur data yang kompleks, atau bahkan segmen kode ke proses lainnya dan dapat melakukan sinkronisasi. Objek didistribusikan dan metode sistem remote doa seperti ONC RPC , CORBA , Java RMI , DCOM , SOAP , . NET Remoting , CTO , QNX Neutrino RTOS , OpenBinder , D-Bus , Unison RTOS dan serupa pesan lewat sistem.Paradigma Message passing yaitu :
  1. Banyak contoh dari paradigma sekuensial dipertimbangkan bersama-sama.
  2. Programmer membayangkan beberapa prosesor, masing-masing dengan memori, dan menulis sebuah program untuk berjalan pada setiap prosesor.
  3. Proses berkomunikasi dengan mengirimkan pesan satu sama lain
OpenMP adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang mendukung multi processingshared memory pemrograman di C, C++ dan Fortran pada berbagai arsitektur, termasuk Unix dan Microsoft Windows platform. OpenMP Terdiri dari satu set perintah kompiler,perpustakaan rutinitas, danvariabel lingkungan yang mempengaruhi run-time. Banyak Aplikasi dibangun dengan model hibrida pemrograman paralel dapat dijalankan pada komputer cluster dengan menggunakan OpenMP dan Message Passing Interface (MPI), atau lebih transparan dengan menggunakan ekstensi OpenMP non-shared memory systems.
Pengantar Pemrograman CUDA CPU
CUDA (Compute Unified Device Architecture) adalah suatu skema yang dibuat oleh NVIDIA agar NVIDIA selaku GPU(Graphic Processing Unit) mampu melakukan komputasi tidak hanya untuk pengolahan grafis namun juga untuk tujuan umum. Jadi, dengan CUDA, kita dapat memanfaatkan cukup banyak processor yang dimiliki oleh NVIDIA untuk berbagai perhitungan. GPU yang ada  saat ini seperti ATI pun sudah memiliki banyak processor di dalamnya. Pada ATI, skema yang mereka bangun disebut ATI Stream. Saat ini pemrograman paralel menjadi sangat penting karena kebutuhan kemampuan komputasi komputer yang terus meningkat seperti kemampuan multitasking dan pengolahan grafis yang andal. Metode saat ini dalam peningkatan peforma komputer juga berbeda dengan masa lampau dimana peningkatan clock dari processor yang diutamakan. Peningkatan clock juga dibatasi oleh kemampuan fisik dari perangkat digital yaitu persoalan daya dan panas.
Platform CUDA dapat diakses oleh pengembang perangkat lunak melalui library CUDA-accelerated , perintah kompiler (seperti OpenACC ), dan ekstensi untuk bahasa pemrograman standar industri, termasuk C, C++ dan Fortran . C / C++ programmer menggunakan CUDA C / C + +, yang disusun dengan “nvcc”, NVIDIA LLVM berbasis C / C++ compiler, dan Fortran programmer dapat menggunakan ‘CUDA Fortran’, yang disusun dengan PGI CUDA Fortran compiler dari The Portland Grup. Selain library, arahan compiler, CUDA C / C++ dan CUDA Fortran, platform CUDA mendukung interface komputasi lainnya, termasuk Khronos Grup ‘s OpenCL , Microsoft DirectCompute , dan C++ AMP . Pemrograman pihak ketiga juga tersedia untuk Python , Perl , Fortran , Java , Ruby , Lua , Haskell, Matlab , IDL , dan dukungan asli di Mathematica.
Dalam permainan komputer industri, GPU yang digunakan tidak hanya untuk rendering grafis tetapi juga dalam perhitungan fisika permainan (efek fisik seperti puing-puing, asap, api, cairan), contoh termasuk PhysX dan Bullet . CUDA juga telah digunakan untuk mempercepat aplikasi non-grafis dalam biologi komputasi , kriptografi dan bidang lainnya oleh urutan besarnya atau lebih.
Beberapa kelebihan dari pemrograman CUDA :
  • Tersebar membaca – kode dapat membaca dari alamat sewenang-wenang dalam memori.
  • Memori bersama – CUDA memperlihatkan cepat memori bersama wilayah (sampai 48KB per Multi-Processor) yang dapat dibagi di antara benang. Ini dapat digunakan sebagai cache dikelola pengguna, memungkinkan bandwidth yang lebih tinggi daripada yang mungkin menggunakan pencarian tekstur.
  • Download lebih cepat dan readbacks ke dan dari GPU.
  • Dukungan penuh untuk integer dan bitwise operasi, termasuk pencarian tekstur bulat.

No comments:

Post a Comment