Good Luck Have Fun

Monday 7 March 2016

Pentingnya Komputasi modern

Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,kuliah, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Manusia memiliki kecenderungan untuk mengikuti perkembangan teknologi khususnya bidang komputerisasi. Kemajuan teknologi yang begitu pesat mendorong anak-anak pada usia dinipun mengakraban diri dengan teknologi tersebut.
Begitu banyak pengaruh komputer bagi kehidupan salah satunya dapat mempercepat pekerjaan, memanjakan pengguna,serta mempengaruhi aktivitas sebagian besar orang seperti membayar tagihan, belanja, mendaftar sekolah, main game bahkan berkomunikasi dengan orang lain dari bagian bumi manapun bisa dilakukan. Hampir setiap bidang kehidupan menggunakan jasa komputer diantaranya dibidang kesehatan, transportasi, pendidikan, industri, jasa percetakan, jasa konstruksi dan sebagainya.
Kesehatan menempati urutan tertinggi dalam menunjang kelangsungan aktivitas harian setiap manusia. Kesehatan merupakan salah satu faktor penting bagi manusia dalam memenuhi berbagai kewajiban untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Seiring dengan itu jenis penyakit yang menyerang manusia cendrung meningkat walaupun telah dilakukan berbagai cara untuk menghindarinya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut harus diketahui jenis penyakit yang diderita serta rekomendasi perawatan, pengobatan, serta pencegahan dari penyakit yang lebih buruk.
Adapun kendala yang dihadapi yaitu minimnya pengetahuan tentang kesehatan, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya kesehatan dan yang terutama yaitu masalah biaya, maka orang berfikir untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Penyakit yang paling penting dan paling sering ditemukan adalah atherosklerosis, dimana bahan lemak terkumpul dibawah lapisan sebelah dalam dari dinding arteri. Atherosklerosis merupakan suatu penyakit dimana dinding arteri menjadi lebih tebal dan kurang lentur. Atherosklerosis bisa terjadi pada arteri di otak, jantung, ginjal, hati, lengan dan tungkai. Jika atherosklerosis terjadi di dalam arteri yang menuju ke otak maka bisa terjadi stroke. Jika terjadi di dalam arteri yang menuju ke jantung  bisa terjadi serangan jantung. 
Dalam mendiagnosa penyakit atherosklerosis dengan sistem konvensional yang selama ini dijadikan pegangan, cukup memakan waktu yang lama dan biaya yang sangat mahal. Untuk menciptakan seorang ahli (pakar) dalam salah satu bidang ilmu seperti halnya bidang kedokteran tentulah tidak mudah dan membutuhkan waktu yang sangat lama dan biaya yang mahal. Untuk itu, dibuatlah suatu alat bantu untuk mempermudah para ahli medis dalam hal ini dokter untuk melakukan pemeriksaannya agar lebih efektif dan efisien. Adapun alat bantu tersebut adalah piranti lunak dengan menggunakan konsep sistem pakar. Alasan digunakannya konsep sistem pakar adalah sebagai salah satu penerapan dari ilmu kecerdasan buatan yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mendiagnosa penyakit athterosklerosis. Dengan adanya alat bantu ini, dokter lebih mudah dalam melakukan pendiagnosaan penyakit. Sistem pakar dianggap cocok dalam mendiagnosa penyakit atherosklerosis karena sistem ini dapat mengadopsi atau menyerap ilmu-ilmu yang berasal dari pakar dimana sistem ini dapat bekerja seperti seorang pakar nantinya. 


sumber :https://desanastasia.wordpress.com/2013/02/22/manfaat-penerapan-komputer-dibidang-kesehatan/

No comments:

Post a Comment