Good Luck Have Fun

Tuesday 25 March 2014

WEB

Seiring dengan berkembangnya aplikasi bebasis desktop menjadikan di awal tahun 90an banyak aplikasi layanan yang berjalan di internet. Salah satunya aplikasi berbasis Web Based Application. Seiring dengan hall itu banyak perusahaan melirik internet sebagai salah satu media pemasaran yang menjanjikan. Sehingga di awal 2000 an banyak perusahaan yang melakukan promosi melalui media internet era ini di sebut awal generrasi 1.0 (web 1.0 ). salah satu cirinya adalah web ini relatif statis dari sisi isinya dan interaksinya hanya bersifat satu arah. Interaksi terjadi hanya daripengunjung web yang dapat memberikan komentar pada fasilitas buku tamu.
A.    Perkembangan WEB
Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan document document multimedia ( gambar, text, suara, animasi, video ) di dalamnya yang menggunakal protocol HTTP dan untuk mengakses menggunakan perangkat lunak yang di sebut browser.
Browser adalah aplikasi yang mampu menjalankan dokumen – dokumen web dengan cara di terjemahkan. Prosesnya di lakukan oleh komponen yang terdapat pada browser tersebut yang di sebut dengan web Engine.
Situs Web adalah dokumen web yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang memiliki Unified Resourde Locator dan biasanya di publish di internet
web merupakan salah satu yang berkembang cukup pesat , mulai dari era 1.0 kemudian berkembang 2.0 dan saat ini sedang proses menuju 3.0. dengan adanya perkembangan era web ini maka secara tidak langsung konsep pemograman web juga otomatis berkembang.
Perkembangan web saat ini demikian cepat hal ini di sebabkan beberapa faktor di antaranya infrastruktur , kebutuhan dan layanan tambahan tambahan.
Tim Berners-Lee pada tahun 1989 menemukan metode baru dalam menghubungkan document dengan lainnya di internet. Pada tahun 1993 web browser berbasis grafis di temukan oleh Marc Andreessen. Nama web browsernya adalah MOSAIC. Pada saat itu juga Microsoft mengeluarkan produk pertama mereka bernama internet explorer. Saat ini perkembangannya di relasinya di percayakan pada sebuah lembaga nirlaba yang berpusat di amerika, yaitu www.w3.org lembaga ini adalah tempat berkumpulnya peneliti dan pengambil kebijakan yang berhubungan dengan web di seluruh dunia.
B.     Web 1.0
Konsep web 1.0 pertama kali di perkenalkan oleh tim O’reilly pada awal 2000 ketika web berkembang dan menjadi phenomenal saat itu. Penggunaan web di masa itu di gunain untuk berbisnis. Pengguna internet menggunakan web hanya untuk kepentingan mencari informasi ( searching ) dan menjelajah internet ( browsing ). Pada perjalananya ternyata perusahaan yang semula beramai ramai membuat web mulai jenuh di karenakan kelemahan di antaranya. Beberapa contoh aplikasi yang muncul pada saat itu adalah email, fasilitas mesin pencari, web e-commerce.
C.    Web 2.0
Konsep web 2.0 tidak berbeda dengan 1.0 hanya cara berfikir terhadap perkembangan web. Konsep ini berawal dari munculnya banyak perusahaan sukses berhasil menerapkan teknologi web bisnis mereka. Berikut adalah contoh aplikasi web 1.0 dan 2.0
·         Alta Vista vs Google
·         Hotmail vs Yahoo mail
·         Encarta vs Wikipedia
·         MapQuest vs Goggle maps
Teknologi yang di gunakan web 2.0
·         Open data melalui API dan Web Service
·         RSS
·         Ajax
·         Standarisasi Web (XTMHL, CSS)
Revolusi dalam Web 2.0
·         Penggunaan teknologi dengan Inovatif
·         Mengubah cara pandang
·         Industri TI yang matang
·         Inovasi

No comments:

Post a Comment