Good Luck Have Fun

Thursday 17 October 2013

New Media " Media Baru "

Definisi New Media
                New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD, Media baru tidak termasuk program-program televisi, film, majalah, buku, atau kertas berbasis publikasi - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, yang mencangkup peleburan media tradisional seperti film, gambar, music, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari computer dan tekhnologi komunikasi, computer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting internet. Media baru menyodorkan kemungkinan permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna interaktifm kreatif dan pembentuk partisipasi dari masyarakat.

Definisi Pandangan
                New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Manfaat New Media
                media baru memberikan manfaat kepada khalayaknya sangat banyak. berikut manfaat dari Media Baru (New Media):

1.Memberikan Informasi dengan cepat tidak seperti media cetak
2.Lebih Efisien dan akurat
3.Lebih mudah diakses oleh khalayak kapan saja dan dimana saja serta harus terhubung jaringan koneksi internet
4.Harganya lebih murah
5.Lebih simple dan praktis
6.Sangat berguna sekali khalayak dalam menjalankan suatu usaha di media baru.
7.Promosi usaha lewat media baru(New Media) lebih murah dan lebih cepat di ketahui oleh orang. 
8.khalayak atau pembaca dapat menemukan apa saja di media baru (New Media) yang bermafaat untuk kehidupan.
9.Terjangkau digunakan oleh khalayak lewat koneksi internet.
10.Bisa mengetahui harga pasar usaha dan melihat kondisi pasar usaha yang sedang trend serta lagi trend apa.
11. Media hiburan

Komponen
1. Internet & Web
2. Personal Komputer (PC) / Notebook
3. DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4. VCDs (Compact Discs)
5. Portable Media Player.
6. Mobile Phone.
7. Video Game/ Game Computer.
8. Virtual Reality.
9. Tablet.

Aplikasi New Media

Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
1. Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
2. CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
3. Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
4. Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
5. BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
6. Dan sebagainya.




No comments:

Post a Comment