Good Luck Have Fun

Saturday 24 November 2012

Persiapan Sosial dan Kesamaan Derajat Dalam Ilmu Sosial

Persiapan Sosial dan Kesamaan Derajat Dalam Ilmu Sosial

Persiapan sosial

Dalam kehidupan kita sebagai makhluk social terkadang tidak luput dari berinteraksi dengan individu atau kelompok lainnya. Pada dasarnya kesiapan individu untuk berinteraksi dengan lainnya membutuhkan factor yang sangat besar di antaranya terdapat dari dalam individu tersebut yaitu Mental, Di mana setiap individu untuk bisa saling bersosialisasi terkadang membutuhkan mental yang kuat untuk berinteraksi di mana sifat seperti pemalu maupun pendiam akan di uji oleh system lainnya sehingga seseorang yang mempunyai mental yang kuat akan dengan mudah bergabung dengan makhluk individu itu tersebut. akan tetapi persiapan untuk bersosialisasi dengan mahkluk lainnya tidak lah mudah dalam membangun mental tersebut namun, ada beberapa caranya dalam persiapan individu dalam bersosial antara lain 

1.Jadilah Individu yang Proaktif

Seorang individu diajarkan untuk bertanggung jawab atas masa depan mereka. Inilah hal mendasar yang seringkali sulit untuk dikerjakan. Dengan kebiasaan ini, kedepannya seorang individu baru tidak akan mengeluh dan tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi dinamika kehidupan yang sesungguhnya. Dampak dari kebiasaan yang pertama ini adalah menciptakan inisiatif, karena keadaan tidak bisa dipilih, maka seorang individu dituntut untuk pandai menentukan keputusan. Dengan sifat proaktif akan menjadikan mental kembali lagi.


2.Perluas Network.

Network adalah peluang. Semakin luas network yang individu miliki maka semakin besar peluang untuk mendapatkan kesuksesan. Untuk itu, sedari awal individu mengenali lingkungan pergaulan. Tak hanya teman-teman satu angkatan, namun juga kakak angkatan. Hubungan pertemanan yang baik dapat di pergunakan kelak untuk masa depan.

3.Asah Kemampuan Berorganisasi.


Dengan berorganisasi seorang individudapat mengembangkan jiwa sehingga jiwa kepemimpinan tersebut telah muncul di diri dia sehingga suatu ketika ia di tunjuk sebagai pemimpin tidak canggung dalam berorganisasi sosial.

Kesamaan Derajat

Kesamaan derajat di ilmu social semua sama saja,sama-sama saling membutuhkan antar individu meski di indonesia kesamaan derajat terkadang menjadi hal yang sepele buat di pertentangkan, dalam hal ini derajat seseorang bukanlah hal yang seharusnya menjadi sebuah perbedaaan antar komunikasi antar social melain kan dari perbedaan derajat itulah seseorang dapat menilai sikapnya, dan bagaimana cara seorang individu berinteraksi dengan orang yang berbeda derajat kehidupannya. Namun setiap individu bagi saya mempunyai kesamaan derajat yang sama karna di indonesia semua sudah di tentukan dan di berikan hak nya masing-masing.


No comments:

Post a Comment